Penerimaan Proposal PKM Tahun 2016 Pendanaan Tahun 2017




Yth. Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi Swasta

di lingkungan Kopertis Wilayah VII




Menindaklanjuti surat Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kemristekdikti nomor: 1707/B3.1/KM/2016 tanggal 30 September 2016 perihal penerimaan Proposasl PKM Tahun 2016 pendanaan tahun 2017, bersama ini kami sampaikan dengan hormat, bahwa Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan memberi kesempatan kepada mahasiswa dari perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk mengajukan usulan proposal Program Kreativitas mahasiswa (PKM) 5 Bidang yaitu PKM-P, PKM-M, PKM-K, PKM-T dan PKM-KC yang akan didanai tahun 2017.



Perlu kami informasikan bahwa sesuai panduan PKM tahun 2016, pengajuan usulan proposal dan tata cara pengiriman proposal secara on-line ke Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan dapat diunduh melalui website http://www.belmawa.ristekdikti.go.id dengan headline: Penerimaan Proposal PKM Tahun 2016 pendanaan tahun 2017.



Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kami informasikan hal-hal sebagai berikut:


  1. Pendaftaran dilakuan oleh operator Bagian Kemahasiswaan Perguruan Tinggi melaluihttp://simbelmawa.ristekdikti.go.id;
  2. Pengunggahan dokumen dilakukan oleh mahasiswa setelah proses pendaftaran selesai dilakukan; 
  3. Waktu pendaftaran dan pengunggahan dokumen usulan on-line dari tanggal 10 Oktober sampai dengan 12 November 2016, apabila lewat dari waktu yang telah ditentukan maka proses pendaftaran dan pengunggahan tidak dapat dilakukan;
  4. Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan tidak menerima proposal usulan dalam bentuk hardcopy (dokumen hardcopy disimpan di perguruan tinggi pengusul untuk keperluan administrasi).


Demikian atas perhatian dan kerjasamanya yang baik, kami ucapkan terima kasih.


1. Surat Penerimaan Proposal PKM Pendanaan Tahun 2017 Unduh

2. Pedoman PKM Tahun 2016 Unduh
3. Panduan Pengusulan PKM Unduh

Teknologi Atasi Masalah Pendidikan


NUSA DUA,(PR).- Teknologi dapat menjadi solusi masalah pendidikan. Terutama dalam membuka akses pendidikan menjadi lebih luas dan terbuka.
Salah satu bentuk perluasan pendidikan melalui teknologi, adalah pembuatan platform atau wadah untuk menyediakan data informasi terkait pendidikan.
CEO ruangguru,com Belva Devara menuturkan platform digital dapat dibangun untuk menjawab permasalahan distribusi informasi pendidikan yang selama ini dihadapi masyarakat. Apalagi generasi muda saat ini yang sudah sangat terbiasa dengan pemanfaatan teknologi digital, sehingga sangat memungkinkan proses transformasi pendidikan ke budaya digital.
"Karakter yang ditekankan dalam ruangguru.com adalah soal memberikan akses yang lebih terbuka, kolaborasi, dan juga partisipasi publik," tuturnya dalam simposium 'Culture in The Digital World', World Culture Forum 2016, di Bali Nusa Dua Convention Center, Rabu, 12 Oktober 2016.
Dalam platform ruangguru.com para murid, guru, dan orang tua bisa mengakses ratusan ribu soal-soal mata pelajaran mulai dri tingkat SD hingga SMA/SMK. Tidak hanya itu, dengan terlebih dulu melakukan pendaftaran dalam platform tersebut para murid juga bisa mengajukan pertanyaan terkait soal-soal mata pelajaran, dan sebaliknya guru-guru bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada.
Saat ini terdapat 400.000 pelajar yang terdaftar sebagai pengguna platform ruangguru.com, sementara guru terdaftar sebanyak 50.000. Belva mengakui kendala yang dihadapi dalam pengembangan platform yang dibangunnya adalah masalah infrastruktur dan juga jaringan internet yang belum merata ke seluruh daerah di Indonesia.***

Mendikbud: Pendidikan Karakter Penting

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, pendidikan karakter itu penting. Kalau karakternya dan fondasinya kuat, maka di atasnya akan baik.

Pendidikan karakter, ujar dia, merupakan upaya revitalisasi manajemen berbasis sekolah, dengan pengembangan kapasitas kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan peran aktif orang tua siswa.
Penguatan pendidikan karakter lebih memperhatikan harmoni olah hati (etika), olah rasa (estetika), olah raga (kinestetik) dan olah pikir (literasi baca, tulis, hitung).

"Harmonisasi tersebut diimplementasikan dalam keterpaduan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler dan nonkurikuler untuk mewujudkan karakter baik siswa. Nilai-nilai utama karakter yang dapat ditumbuhkan adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, serta dapat juga disesuaikan dengan nilai-nilai kearifan lokal daerah masing-masing," katanya dalam siaran pers, Ahad, (9/10).

Hanya dengan karakter yang kuat, jati diri bangsa menjadi kokoh dan menumbuhkan daya saing bangsa. Sehingga mampu menjawab berbagai tantangan era abad 21.
Pendidikan karakter diharap memberikan penguatan karakter siswa dalam mewujudkan generasi emas 2045 melalui pembelajaran terpadu di dalam dan di luar sekolah dengan kolaborasi sumber belajar di luar sekolah.

Ia juga menegaskan tidak ada perubahan peraturan pemerintah yang berkaitan dengan Kurikulum 2013 karena implementasi kurikulum tersebut sedang berjalan.
"Upaya kami adalah menambah kandungan K13 dengan prioritas di jenjang pendidikan dasar dalam bentuk kokurikuler, termasuk di dalamnya pembelajaran berbasis kearifan lokal. Itulah yang kemudian disebut Program Penguatan Pendidikan Karakter."

Program ini diharapkan dapat memberikan penguatan karakter siswa dan mewujudkan pembelajaran terpadu di dalam dan di luar sekolah melalui pelibatan publik dalam mewujudkan pendidikan yang ramah dan menyenangkan.

BUKA BERSAMA dengan Panti Asuhan Yatim Piatu dari YAYASAN MUHAMADIYAH MADIUN

Acara BUBER dengan Panti Asuhan Yatim Piatu dari YAYASAN MUHAMADIYAH MADIUN pada Hari Selasa, tanggal  28 Juni 2016 , bertempat di Lt II Kampus STKIP DOKTOR   NUGROHO MAGETAN Alamat Jln. Sendang Kamal No.50, Kelurahan Kraton, Maospati-Magetan. Telp. (0351) 869 642.

Acara dihadiri oleh PENGURUS YAYASAN DR.NUGROHO, Dosen dan Karyawan, Perwakilan mahasiswa/BEM, serta masyarakat sekitar Kampus STKIP DOKTOR NUGROHO MAGETAN. Dalam acara ini juga diliput oleh JTV Madiun.

KAMI STKIP DOKTOR NUGROHO MAGETAN MENGUCAPKAN TERIMAKASIH, kepada seluruh jajaran yang membantu terlaksananya acara ini.

Berikut dokumentasi foto serangkaian kegiatan Buka Bersama :